Politikus Jerman Temui Snowden

TEMPO.CO, Moskow - Berlin menanggapi serius dugaan penyadapan atas Kanselir Angela Merkel oleh National Security Agency (NSA). Hari ini, anggota parlemen Jerman terlama, Hans-Christian Ströbele, yang juga anggota Komite Intelijen Parlemen, terbang ke Rusia khusus untuk menemui Edward J. Snowden, mantan kontraktor lembaga keamanan Amerika itu. Snowden adalah orangyang pertama kali membocorkan upaya penyadapan lembaga ini.

Ströbele datang ke Moskow bersama Georg Mascolo, seorang jurnalis investigatif Jerman. Kepada televisi Jerman ia menyatakan akan bertemu Snowden dengan "niat yang baik" terkait pengungkapan terbarunya yang telah menghebohkan Jerman dan sekutunya.

Ia juga akan menjajaki kemungkinan Snowden bersedia bersaksi sebelum dimulainya penyelidikan parlemen yang sudah direncanakan. Terkait penyadapan ponsel Merkel, parlemen akan membentuk sebuah tim investigasi.

Menurut beberapa analis, kecil kemungkinan bagi Snowden untuk melakukan perjalanan ke Jerman dari Moskow, karena setiap kesepakatan dengan Snowden untuk bersaksi akan membutuhkan manuver hukum yang rumit. Ia tinggal di Rusia sejak mendapatkan suaka sementara pada 31 Juli, karena takut diekstradisi ke Amerika Serikat.

Jerman menyuarakan kemarahannya sejak mengetahui NSA juga memata-matai pemimpin negaranya. "Jika NSA memata-matai untuk melindungi warga AS dari tindak terorisme, apakah Merkel juga seorang teroris?" tulis CNN dalam satu ulasannya.

NEW YORK TIMES | CNN | TRIP B


http://id.berita.yahoo.com/politikus-jerman-temui-snowden-124430119.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger