PAN: Langkah RI dukung Resolusi PBB soal penyadapan sangat tepat

MERDEKA.COM. Ketua DPP PAN Bidand Luar Negeri Bara Hasibuan menilai dukungan pemerintah Indonesia terhadap draf Resolusi Anti Penyadapan yang diajukan pemerintah Jerman dan Brazil merupakan langkah yang tepat. Untuk itu, dirinya mendesak pemerintah Amerika Serikat dan Australia, sebagai negara yang diduga aktif melakukan penyadapan untuk mendukung dan menghormati rencana PBB dalam mengadopsi draf resolusi tersebut.

Draf resolusi yang sedang disusun ini bertujuan untuk mengakhiri pengawasan digital (penyadapan) secara berlebihan.

"Sebagai negara yang diduga sebagai korban penyadapan, disamping menyatakan sikap langsung kepada pemerintah Amerika Serikat dan Australia, dukungan yang diberikan Indonesia merupakan langkah kongkrit untuk mendorong konsensus global demi mengakhiri tindakan penyadapan," jelas Bara dalam rilis yang diterima merdeka.com, Kamis (7/11).

Indonesia, lanjut Bara, sebagai negara yang memiliki peran strategis di dunia Internasional, memiliki kredibilitas/leverige untuk mendorong konsensus global. "Aktivitas penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat dan Australia sudah terlampau jauh sehingga mengganggu hubungan antar negara yang seharusnya dibangun berdasarkan trust dan respect," kata Bara.

"Dalam laporan yang beredar, jelas tindakan penyadapan ini telah melenceng jauh dari tujuan semula, yaitu pemberantasan terorisme. Patut diduga telah terjadi penyalahgunaan dalam konteks yang lebih luas. Jadi jelas ini merupakan pelanggaran serius atas etika dan norma hukum internasional," terang Bara.

Bara juga menyampaikan pentingnya Amerika Serikat dan Australia untuk ikut mendukung dan menghormati resolusi PBB tersebut sebagai upaya untuk memperkuat masyarakat Internasional yang rule based, yaitu hubungan atau interaksi antar negara yang diatur dalam ketentuan Internasional.

Topik pilihan:

Anak Polisi Arogan | SBY Disadap | Ijazah Palsu | Jokowi ahok | Brimob Tembak Satpam

Sumber: Merdeka.com
http://id.berita.yahoo.com/pan-langkah-ri-dukung-resolusi-pbb-soal-penyadapan-002702204.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger