Hati-hati, Bahaya Hubungan Seksual Usia Dini

TEMPO.CO, Jakarta - Ditinjau dari segi medis, hubungan seksual usia dini mengakibatkan kematian. Sebuah penelitian di klinik penyakit menular seksual Limerick, Inggris yang diterbitkan di jurnal BMC Research Notes menemukan hubungan antara hubungan seks yang terlalu dini dan munculnya penyakit kanker leher rahim.

Kanker tingkat tinggi itu diklasifikasikan cervical intraepithelial neoplasia (CIN3). Ini adalah jaringan tidak normal. Jika tidak mendapat pengobatan dapat berkembang menjadi kanker ganas yang menyebabkan kematian.

Dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG, spesialis kebidanan dan kandungan dari Fakultas Kedokteran UI mengakui, ada hubungan erat antara kanker leher rahim dan hubungan seks di bawah usia 20 tahun. (Baca :Kanker Mengintai Remaja Putri)

»Selain rentan menularkan infeksi, hubungan seks di bawah 16 tahun itu berisiko terkena kanker leher rahim tiga kali lipat dibandingkan populasi usia 20 tahun ke atas," kata wanita yang biasa disapa Ovi ini kepada Tempo, Jumat, 1 Oktober 2013.

Menurut Ovi, faktor risiko lain yang dihadapi perempuan bila berhubungan seksual terlalu dini adalah kehamilan. »Sebelum usia 20 tahun proses pertumbuhan tubuh seorang perempuan itu belum selesai. Kehamilan sebelum 20 tahun berarti mengganggu proses pertumbuhan seorang perempuan," kata dia.

Kehamilan di usia dini, membahayakan hidup perempuan usia belasan. »Sebab organ reproduksi mereka belum siap. Akibatnya risiko akan banyak hal juga meningkat. Jalan lahir pun belum siap. Akibatnya persalinan pun jadi lebih berbahaya untuk perempuan usia belasan tahun yang hamil," katanya.

RINA ATMASARI

Berita Terpopuler

Wajah Gadis Ini Berasal dari Kulit Payudaranya

Ari Kartika Kenalkan Taman Bermain Khas Indonesia

Museum Kanker Pertama di Indonesia Resmi Dibuka 

Studi: Wortel Juara untuk Kesuburan Sperma  


http://id.berita.yahoo.com/hati-hati-bahaya-hubungan-seksual-usia-dini-074508050.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger