RI dan Inggris Tingkatkan Perdagangan dan Investasi

London (Antara) - Indonesia dan Inggris sepakat untuk melipat gandakan angka perdagangan dan investasi bilateral antara kedua negara pada tahun 2015.

Pernyataan itu disampaikan oleh Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia T.M. Hamzah Thayeb dalam kunjungan kerja ke kota Edinburgh, demikian Sekretaris Tiga KBRI London, Yodho Priambudi kepada Antara London, Minggu.

Dubes RI menyatakan bahwa para pemimpin Indonesia dan Inggris sepakat untuk melipat gandakan angka perdagangan dan investasi bilateral antara kedua negara pada tahun 2015.

Kunjungan kerja ke kota Edinburgh ditujukan untuk mendukung target tersebut dan untuk membangun dan meningkatkan kerja sama perdagangan, investasi, dan pendidikan

Sejalan dengan tujuan Dubes RI, Neil Francis, Direktor Operasi Internasional dari Scottish Development International (SDI), menegaskan SDI berupaya mendukung upaya tersebut.

Skotlandia saat ini fokus pada kerja sama perdagangan dan investasi serta berbagai bidang lainnya, seperti teknologi energi terbarukan, minyak dan gas, life sciences, teknologi engineering, pariwisata, makanan dan minuman, tekstil, serta jasa finansial dan bisnis serta peningkatan kerja sama di bidang pendidikan.

Dalam kunjungn Ke Skotlandia, Dubes didampingi staf KBRI London dan mengadakan pertemuan dengan kalangan pelaku usaha setempat dalam format pertemuan one-on-one, dan diterima secara resmi di ruang pertemuan City Chambers oleh Councillor Norman Work.

Dubes juga mengadakan pertemuan dengan para pimpinan universitas dan civitas akademika di Edinburgh, Ketua Komite Internasional universitas-universitas Scotland, Professor Nigel Seaton.

Nigel yang baru kembali dari Indonesia pada September lalu dan mengunjungi beberapa daerah seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Medan, menceritakan pengalamannya memimpin delegasi yang beranggotakan 12 perwakilan universitas, SDI, British Council Scotland dan Universities Scotland.

Dubes mendorong pengembangan kerja sama pendidikan dan berharap bahwa para pelajar dari kedua negara dapat lebih meningkatkan saling pengertian mengenai potensi budaya dan ekonomi dari masing-masing negara.

Selain bertemu dengan kalangan akademisi dan bisnis, Dubes RI memanfaatkan kunjungan ini untuk bertemu dengan masyarakat indonesia di Edinburgh dan kota-kota sekitarnya untuk silaturrahim dan mendorong WNI untuk tetap aktif dan bersemangat dalam mempromosikan kekayaan budaya Indonesia serta potensi ekonomi Indonesia di wilayah Skotlandia.

Sementara itu pada saat bertemu dengan wakil dari sejumlah perusahaan di Skotlandia, Dubes menekankan bahwa tujuan utama dari kunjungannya adalah untuk mengundang lebih banyak perusahaan-perusahaan asal Skotlandia untuk berinvestasi di Indonesia.

Dubes menyampaikan saat ini, Pemerintah RI tengah fokus pada pembangunan infrastruktur, namun pada saat bersamaan juga tengah mendorong pembangunan di bidang pendidikan, industri elektronik, kesehatan, dan pangan.

Sebelum meninggalkan kota Edinburgh, Dubes diterima Councillor kota Edinburgh, Norman Work. Dubes RI dan Councillor Work membahas mengenai keberadaan WNI dan pelajar-pelajar asal Indonesia di kota Edinburgh serta peran yang dapat mereka mainkan dalam membangun hubungan antara Indonesia dengan masyarakat di kota Edinburgh.(rr)


http://id.berita.yahoo.com/ri-dan-inggris-tingkatkan-perdagangan-dan-investasi-005539330--finance.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger