Jelang Nikah, Putri Sultan Mandi Air Tujuh Sumur  

TEMPO.CO, Yogyakarta - Sehari sebelum pernikahan, putri ke 4 Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hayu menjalani siraman dengan menggunakan air dari tujuh sumber mata air di keraton.

"Calon pengantin perempuan menjalani siraman di Keputren," kata permaisuri Keraton Yogyakarta GKR Hemas di Keraton Kilen Yogyakarta, Jumat 18 Oktober 2013. Sementara itu calon suami Hayu menginap di Mangkubumen. Lokasinya satu kawasan dengan Universitas Widya Wiwaha atau sebelah barat pasar Ngasem.

"Nanti akan dijemput utusan nDalem (utusan Sultan) ke keraton," kata Kanjeng Ratu Hemas. Ndalem Mangkubumen merupakan kediaman Pangeran Mangkubumi. Usai wafat pada 1918, ndalem Mangkubumen menjadi kediaman Sultan HB VII dan VIII. Bahkan rumah tersebut pernah menjadi tempat tinggal sementara Jenderal Sudirman saat agresi Belanda II pada 1948.

Utusan yang menjemput adalah Kanjeng Raden Tumenggung Jatiningrat atau yang akrab disapa Romo Tirun dan KRT Yudohadingrat. Penjemputan dilakukan dengan menggunakan kereta. Sesampainya di keraton, calon menantu Sultan, Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro tersebut melakukan persiapan untuk prosesi siraman di Kasatriyan.

"Siraman untuk Hayu pada pukul 10.15 WIB, sedangkan siraman untuk Notonegoro pukul 10.45 WIB," kata Hemas.

Usai siraman setiap kedua calon mempelai, Hemas akan memecahkan tempayan dari tanah liat yang berisi air. Prosesi itu pertanda kedua mempelai telah melepas masa remaja menuju masa dewasa.

PITO AGUSTIN RUDIANA

Terpopuler

Bahas Dinasti Atut, Mengapa ICW Tak Hadir di TVOne

Karni Ilyas: Jawara Boleh Hadir, Tapi Jadi Tamu

Siswa SMA Membuat Alat Pendeteksi Banjir

Dituding SBY Bohong, Luthfi Hasan Cuma Senyum

Andi Mallarangeng Ditahan KPK

Sultan Bakal Gunakan BMW X5 untuk Blusukan


http://id.berita.yahoo.com/jelang-nikah-putri-sultan-mandi-air-tujuh-sumur-115941014.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger