DPR Kunker ke Belanda Terkait Tugas Pengawasan

Jakarta (Antara) - Komisi I DPR melakukan Kunjungan Kerja ke Belanda terkait tugas pengawasan khususnya perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Belanda.

"Kunjungan kerja komisi I dalam rangka tugas pengawasan khususnya perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Belanda," kata anggota Komisi I DPR dari Partai Demokrat Yahya Sacawiria kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Yahya, yang memimpin rombongan Komisi I ke Belanda, mengatakan pemerintahan Belanda yang baru hasil Pemilu 2012 sangat merespon dan memberi perhatian khusus terhadap hubungan bilateral. Kerangka bilateral yang dibangun, menurut dia, terkait melihat ke depan dalam hubungan politik ekonomi dan budaya serta pertahanan.

"Hal ini terlihat pada saat perayaan kemerdekaan Indonesia di Kedutaan Besar Indonesia dihadiri Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan dan undangan dari pemerintah Belanda hadir dalam acara tersebut," ujarnya.

Dia juga menegaskan isu separatisme yang terjadi di Papua tidak dibahas dalam kunker tersebut. Hal itu, menurut dia, karena respon pejabat tinggi pemerintahan Belanda jelas mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara berdaulat dari Sabang sampai Merauke.

"Pemerintah Belanda secara tegas mengakui wilayah NKRI dari Sabang sampai Marauke sebagai satu kesatuan yang utuh," tegasnya.

Selain itu, Yahya menjelaskan Komisi I DPR akan mengunjungi Kemenlu, Kemhan, dan Militer AD Belanda. Hal itu, menurut dia, dalam rangka pembahasan Rancangan Undang-Undang Hukum Disiplin Militer.

Selain melakukan kunjungan ke Belanda, Komisi I DPR diinfokan kunker ke Korea Selatan dan China.

Untuk kunker ke China dipimpin Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq dan dipimpin Tantowi Yahya dari Fraksi Partai Golkar untuk kunker ke Korea Selatan.

Rangkaian kunker tersebut dari tanggal 26 Oktober hingga 1 November 2013.(tp)


http://id.berita.yahoo.com/dpr-kunker-ke-belanda-terkait-tugas-pengawasan-092155950.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger