Disadap, Merkel Minta Kerjasama Eropa-AS Dikaji  

TEMPO.CO, Berlin - Kanselir Jerman Angela Merkel sangat marah kepada Presiden Barack Obama. Dia secara terbuka menyerukan Uni Eropa untuk mempertimbangkan kembali kerjasama intelijen dengan Amerika Serikat. Hal itu menyusul laporan bahwa National Security Agency telah menyadap ponsel dirinya dan 35 pemimpin lain.

Merkel mengecam tindakan "mata-mata di antara teman" pada sebuah pertemuan Uni Eropa. Bersama Prancis, dia menyerukan pembaruan "kerangka kerjasama" untuk berbagi intelijen pada akhir tahun.

"Kami memiliki hubungan dan saluran diplomatik yang kita gunakan untuk membahas masalah ini yang telah jelas menyebabkan ketegangan dalam hubungan kami dengan negara-negara lain di seluruh dunia," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Jay Carney, Jumat 25 2013.

Presiden Obama secara pribadi menelepon Merkel untuk menyangkal tuduhan mata-mata itu, namun hal ini jelas tidak menenangkan kekhawatiran Merkel. Kongres Amerika memang telah mengusulkan beberapa perubahan pada praktik mata-mata NSA, tetapi tidak termasuk praktik di luar negeri.

Rabu lalu, Kanselir Jerman Angela Merkel menelepon Presiden Barack Obama untuk menanyakan laporan bahwa AS mungkin telah menyadap ponselnya, kata kedua pemerintah.

Merkel mengatakan laporan di majalah Jerman Der Spiegel itu akan menjadi "pelanggaran serius terhadap kepercayaan" jika benar. "Obama mengatakan kepada Merkel bahwa AS tidak memonitor komunikasinya," kata Carney.

Der Spiegel mendasarkan laporannya pada dokumen dari pembocor National Security Agency, Edward Snowden. Laporan pemerintah AS memata-matai berdasarkan dokumen dari Snowden telah membuat marah sekutu AS di Eropa dan Amerika Selatan.

Simak berita tekno lainnya di sini.

TECHCRUNCH | ERWIN Z

Berita lain

Ragunan Siap Tampung Monyet Sitaan Jokowi 

Bos Google: Usia Majalah Cetak Tinggal 5 Tahun

Wisata Balon Udara ke Luar Angkasa

Siasati Banjir, Ini Dia Padi Apung dari Ciganjeng 

2 Kasudin Tersangka Korupsi, Jokowi: Copot


http://id.berita.yahoo.com/disadap-merkel-minta-kerjasama-eropa-dikaji-133034697.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger